Review buku Aroma Karsa karya Dee Lestari

 

sumber: kaskus.co.id


Menarik, unik, dan benar-benar mengundang penasaran, begitulah yang saya rasakan saat membaca Aroma Karsa. Pada awalnya, saya tidak banyak berekspektasi pada buku ini. Saya belum pernah sekalipun membaca karya Dee Lestari, meskipun saya cukup mengenal buku-bukunya. Setelah saya membaca beberapa halaman dari Aroma Karsa, saya benar-benar terpikat. Buku ini sungguh mengasyikkan untuk dibaca, di berbagai kondisi pula. Saya membaca buku ini memang tak selalu saat waktu luang di rumah, namun selagi menunggu antrian, saat di perjalanan, atau ketika bepergian lainnya. Buku yang ketebalannya seperti kamus ini tak akan membosankan dibaca hingga halaman terakhir. Bagi saya, 724 halaman itu terasa kurang. Tidak heran, buku ini menjadi best seller.

Buku Aroma Karsa mengisahkan tentang pencarian Puspa Karsa, bunga legendaris yang tersembunyi di suatu tempat rahasia. Tanaman yang awalnya dikira mitos ini ternyata keberadaannya nyata dan hanya bisa ditemukan melalui aromanya. Rara Prayagung berambisi untuk menemukannya karena bunga ini diyakini dapat mengendalikan dunia. Kisah perjalanan perburuan Puspa Karsa pun dimulai dengan melibatkan Jati Wesi dan Tanaya Suma, dua orang yang memiliki penciuman super. Cerita ini dikemas dengan memadukan unsur mitos, misteri, juga bumbu romansa antara Jati dengan Suma.

Buku fiksi-fantasi ini berhasil menarik perhatian saya sepenuhnya. Tema cerita yang diangkat begitu unik dan jarang ditemukan, yakni mengenai seluk-beluk dunia aroma. Deskripsi beraneka ragam aroma dijabarkan secara detail oleh Dee Lestari. Pembaca dibuat menerka-nerka aroma tersebut melalui pemilihan kata-katanya yang tepat.

Selain itu, buku ini juga mencampurkan unsur sejarah dan budaya lokal, yang membuat saya semakin dibuat terpikat. Pengambilan dua latar cerita, di Kraton Yogyakarta dan Gunung Lawu membuat saya takjub dan berimajinasi akan kebenaran cerita dari tempat itu. Saya terpukau dengan fantasi yang dihadirkan.

Secara keseluruhan, buku ini memang dikemas dengan sangat baik serta alur cerita yang begitu mengalir. Novel fiksi-fantasi ini memang digarap setelah melalui riset mendalam yang membuatnya dapat menggambarkan aroma-aroma dan berbagai istilah lain dengan ciamik. Saya amat berharap novel ini bisa difilmkan seperti karya Dee Lestari lainnya, namun dengan catatan tidak melenceng jauh dari alur cerita dalam buku. Novel Aroma Karsa ini sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. Meski buku ini cukup tebal, percayalah anda akan dibuat kecanduan untuk membaca halaman demi halamannya sampai tak terasa telah usai.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.